Perilaku Agresif Peserta Didik di SDIT Al Huda Ditinjau Berdasarkan Teori Belajar Bevahioristik Albert Bandura
Keywords:
perilaku agresif, behavioristik, Albert BanduraAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu memaparkan perilaku agresif berdasarkan teori belajar behavioristik. Penulis
menemukan fakta adanya perilaku agresif pada peserta didik di SDIT AL Huda Sangkapura Bawean. Perilaku
agresif tersebut ditunjukkan dalam berbagai bentuk sebagai manifestasi beragam faktor. Penelitian ini penting
dilakukan sebagai dasar pijakan bagi guru dalam melakukan penanganan perilaku agresif yang mengganggu
proses belajar mengajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian
adalah peserta didik kelas II SDIT Al Huda Bawean sebanyak dua peserta didik. Teknik pengumpulan data pada
artikel ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu perilaku agresif muncul karena
adanya peniruan ( modelling).