a Systematic Literature Review: Dimensi Pendidikan Multikultural Indonesia dan Malaysia

Authors

  • siti amaliati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik
  • R. Nazriyah STIT Raden Santri Gresik
  • Ilham Syifa’ STIT Raden Santri Gresik
  • Arifatul Ma’ani STIT Muhammadiyah Lumajang

Keywords:

Indonesia, Malaysia, Pendidikan Multikultural

Abstract

Penelitian ini bertujuan mensintesis model pendidikan multikultural di Malaysia dan Indonesia menggunakan metode systematic literature review (SLR). Data diperoleh dari Google Scholar melalui Publish or Parish dan dianalisis menggunakan tren penelitian pada VOSviewer. Temuan menunjukkan bahwa Indonesia menerapkan model integrasi dalam pendidikan multikultural, di mana nilai-nilai multikultural diintegrasikan dalam berbagai mata pelajaran, bukan sebagai subjek terpisah. Siswa dapat belajar dan menginternalisasi nilai-nilai keragaman dalam kehidupan sehari-haribaik di sekolah maupun lingkungan rumah. Di sisi lain, Malaysia menggunakan dua model, pertama model terpisah, di mana pendidikan multikultural menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri dan kedua, model integrasi, di mana nilai-nilai multikultural diintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain. Pendekatan ini membantu siswa di Malaysia memahami dan menghargai keragaman baik secara teoretis maupun praktis dalam interaksi sehari-hari.

Downloads

Published

2024-09-10