a Systematic Literature Review: Dimensi Pendidikan Multikultural Indonesia dan Malaysia
Keywords:
Indonesia, Malaysia, Pendidikan MultikulturalAbstract
Penelitian ini bertujuan mensintesis model pendidikan multikultural di Malaysia dan Indonesia menggunakan metode systematic literature review (SLR). Data diperoleh dari Google Scholar melalui Publish or Parish dan dianalisis menggunakan tren penelitian pada VOSviewer. Temuan menunjukkan bahwa Indonesia menerapkan model integrasi dalam pendidikan multikultural, di mana nilai-nilai multikultural diintegrasikan dalam berbagai mata pelajaran, bukan sebagai subjek terpisah. Siswa dapat belajar dan menginternalisasi nilai-nilai keragaman dalam kehidupan sehari-haribaik di sekolah maupun lingkungan rumah. Di sisi lain, Malaysia menggunakan dua model, pertama model terpisah, di mana pendidikan multikultural menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri dan kedua, model integrasi, di mana nilai-nilai multikultural diintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain. Pendekatan ini membantu siswa di Malaysia memahami dan menghargai keragaman baik secara teoretis maupun praktis dalam interaksi sehari-hari.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 siti amaliati Lia, R. Nazriyah, Ilham Syifa’, Arifatul Ma’ani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.