Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI Prespektif Connectionisme di SMK An-Nuriyah Gresik

Authors

  • LORA HILAL FIKRI STIT Raden Santri Gresik

DOI:

https://doi.org/10.0281/tadrisuna.v7i1.149

Keywords:

connectionisme, Kualitas, Pembelajaran PAI, Strategi

Abstract

Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Prespektif Connectionisme di SMK An-Nuriyah Gresik bertujuan untuk menilik strategi peningkatan kualitas pembelajaran berdasarkan teori connectionisme di SMK An-Nuriyah yang mengadopsi pendidikan berbasis pesantren. Urgensi dalam kualitas Pendidikan Agama Islam menjadi factor utama. Minimnya prilaku yang sesuai dengan norma agama terhadap generasi muda, diakibatkan oleh zaman yang semakin berkembang dan tidak mengalami penyaringan, sehingga mendorong penguatan kualitas Pendidikan Agama Islam. Kualitas Pendidikan Agama Islam dapat ditinjau melalui proses pembelajaran yang diimplementasikan guru kepada peserta didiknya. Proses pembelajaran yang tepat akan mampu memberikan kualitas pembelajaran yang baik dan memiliki dampak positif terhadap peserta didik untuk perkembangan dan bekal di masa mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan teori connectionisme yang menerapkan tiga hukum dalam pendidikan telah diimplementasikan dengan baik di SMK An-Nuriyah yakni hukum kesiapan melalui proses perencanaan baik dari metode, RPP, materi ajar maupun media pembelajaran yang disiapkan untuk diimplementasi pada pembelajaran di dalam kelas. Hukum latihan melalaui proses evaluasi pembelajaran baik berupa tertulis maupun praktik yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu an dibarengi dengan pengkonfirmasian sebagai penguat koneksi peserta didik. Hukum yang terakhir adalah hukum akibat dimana terdapat ­reward dan hukuman yang bersifat mendidik selama implementasi pembelajaran berlangsung.

Downloads

Published

2024-03-17