Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Minu 37 Hidayatul Ulum Candi Peromaan Kecamatan Tambak Gresik
Keywords:
Orangtua, Prestasi belajar, Tingkat pendidikanAbstract
Penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Tingkat Pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MINU 37 Hidayatul Ulum Candi. penelitian ini termasuk penelitian asosiatif atau hubungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier sederhana, Pengambilan Sample menggunakan Random Samplimg. Sampel yang diambil yaitu siswa kelas 1-6 dengan 30 siswa. Penelitian ini menggunakan satu variabel Independen Tingkat Pendidikan Orang Tua ( X ) dan Satu Variabel Dependen Yaitu Prestasi Belajar Siswa ( Y ). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data premer dengan 30 respoden dan data skunder berupa nilai rata-rata rapot. Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis, diperoleh hasil yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa dengan hasil nilai signifikansi < 0,05 ( 0,008 < 0,05) dan nilai pearso correlation > r tabel ( 0,474 > 0,374). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elisa, Fathullah, mahfud mahfud, Budi Nur Isnaeni, Moh. Ilham Syifa, Moh. Rafiuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.