Model Pembelajaran Guru PAI Dalam Menghadapi Peserta Didik Era Millenial Di MA Islamiyah Ujungpangkah Gresik

Authors

  • Eni Musrifatin Putri STIT Raden Santri Gresik
  • Ida Rochmawati STIT Raden Santri Gresik

Keywords:

Model Pembelajaran, Guru PAI, Peserta Didik Era Millenial

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita yang terjadi sekarang ini masih ada guru mata pelajaran PAI dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, metode interview dan dokumentasi. Metode obsevasi adalah penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap obyek yang diselidiki. Metode Interview merupakan metode pengumpulan data yang menghendaki komunikasi langsung antara peneliti dengan subyek. Sedangkan metode dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, dan buku. Peserta didik di MA Islamiyah termasuk dalam karakteristik peserta didik era millenial yang merupakan generasi dengan adaptasi dan kemampuan teknologi di akun media sosial. Sedangkan model pembelajaran guru PAI yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (MPBM) hanya satu guru saja guru SKI Eva Maulidiyah, S. Hum. Kemudian guru yang menggunakan model pembelajaran kooperatif ada dua guru, dan yang menggunakan model pembelajaran PAIKEM hanya ada satu guru saja yang memakai model PAIKEM lebih adaptif terhadap peserta didik era millenial.

Downloads

Published

2020-09-30