Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X –TBKR SMK Negeri 1 Purwosari-Pasuruan

Authors

  • Mufidah Nikmah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Wiwin Fachrudin Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Anang Sholikhudin Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

Hasil Belajar, Index Card Match, Model Pembelajaran

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan harus terencana, terarah, terpadu dan berkesinambungan agar tujuan pendidikan tercapai sepenuhnya. Pendidikan memiliki beberapa komponen-komponen selain tujuan pendidikan. Komponen tersebut meliputi, siswa, guru dan tenaga pengajar, lingkungan pendidikan, dan alat atau perangkat pendidikan yang mana semua komponen tersebut berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan ialah penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar PAI siswa. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dalam bentuk one grup pretest-posttest. Sedangkan instrument yang digunakan untuk penggalian data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes (pre-test dan post-test). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa, penggunaan model pembelajaran index card match pada mata pelajaran PAI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar setelah penggunaan model index card match meningkat dibandingkan dengan sebelum penggunaan model pembelajaran ini. Hasil analisis statistik menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai  yang diperoleh adalah 9,952 dengan frekuensi df = 32, pada taraf signifikansi 50% diperoleh  2,036. Jadi  >  maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar pre-test dan post-test yang berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-09-11